Perbedaan Delphi dan Visual Basic

Perbedaan visual basic dan delphi adalah cara pengkodean. Pengodean di kedua bahasa sangat berbeda meskipun tetap menggunakan double klik di komponennya.
Delphi dan vb adalah bahasa pemograman tingkat tinggi yang mana dalam penggunaanya sangat mudah, tinggal klik dan drag, tidak membutuhkan kode-kode yang banyak untuk membuat sebuah komponen. Penggunaan vb tidak jauh beda dengan delphi. Di keduanya terdapat komponen-komponen yang di gunakan unutk membuat interface.

Di vb terdapat prosedur di bagian atas kode editornya dan juga komponen dari form sehingga kita dengan mudah beralih pemberian kode dari satu komponen ke komponen lain, sedangkan di delphi untuk pindah pemberian kode ke komponen lain harus mengklik komponennya atau melalui even.

Delphi tampilannya terpisah-pisah sedangkan di vb tidak. di vb tampilanya dalam bentuk satu kesatuan. Vb sangat powefull untuk menciptakan berbagai aplikasi baik yang berskala kecil maupun yang berskala besar.Pada delphi di bagian pembuatan kode nya terdapat folder folder yang merupakan kumpulan dari variabel dan konstanta dari sebuah form, sedangkan vb hanya terdapat tempat pengisian kode.

Dari sisi interface ataupun tampilan VB yang merupakan produk dari Microsoft, kelanjutan dari bahasa pemrograman BASIC lebih mudah dan user friendly, ini juga di pengaruhi oleh ke pupeleran dan ketergantungan masyarakat dari microsoft yang selalu mengutamakan keindahan interface dan kemudahan dalam pengoperasiannya.

Dari segi security kemampuan Delphi untuk “mengamankan” suatu data dari serangan hacker dianggap lebih daripada VB, sehingga untuk pembatasan session user loginnya delphi dianggap lebih “menjanjikan” keamanan daripada VB. Selain itu juga Delphi lebih ditujukan untuk keperluan manajemen hardware dan software sedang VB lebih ke arah kompatibilitas dengan database . Sehingga jika arah keperluannya memang ditujukan untuk keamanan, manajemen hardware dan software, dan tampilannya, DElphi lebih dapat diandalkan daripada VB. Namun jika program yang dibuat lebih mengarah ke penggunaan database, VB masih lebih baik.

Visual Basic:

· Memiliki perintah-perintah yang berorientasi Objek

· Menggunakan bahasa BASIC

· Juga mudah dalam penunjukan membuat GUI

· Penggunaannya pada Windows

· Juga memiliki statement, fungsi dan keyword yang terhubung dengan dengan GUI

Delphi :

· Menggunakan bahasa PASCAL

· Menjalankan file executable, biasanya dalam model debug

· Selain Windows dibuka bisa jug menggunakan linux

· Objec Orintasi Programingnya murni

· Kompilasi pada source code (bahasa Pascal) yang diletakan pada form (extensi PAS)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: